Ya akhir-akhir ini dunia usaha retail waralaba menggebrak pasaran... Hal ini ditunjukan dengan banyak bermunculan nya minimarket dan swalayan dimana pun..
Mengapa banyak bermunculan usaha ini??karena usaha ini tahan terhadap dampak krisis ekonomi,resiko bisnis juga rendah.
Apalagi hal ini di tunjang dengan typical daya beli masyarakat saat ini yang ingin cepat dan praktis.
Untuk memulai usaha jenis ini selain modal anda juga harus menentukan sebuah lokasi yang strategis bersih dan rapi,karena hal ini sangat berpengaruh akan
tingkatan penunjung.
Kemudian jeli untuk mencari distributor dengan harga murah.. Hal ini tentu nya agar harga item/produk yang anda jual dapat bersaing dengan pasaran.
Dan SDM/Karyawan yang ramah dan sopan.
Satu lagi strategi promosi yang menarik sehingga dapat menarik banyak pengunjung ke minimarket/swalayan anda.
PERSIAPAN MEMBUKA USAHA DAN MENDIRIKAN SUPERMARKET MINIMARKET DAN SWALAYAN
1. Tentukan lokasi strategis anda
2. Persiapkan desain interior serta exterior anda
Penataan warna dan denah dalam dan luar ruangan anda
Untuk warna usahakan warna yang cerah seingga menimbulkan kesan bersih dan rapi
Denah untuk gudang dan rak toko usahakan yang enak untuk dilihat pengunjung
3. Tentukan peralatan yang akan anda butuhkan untuk minimarket dan swalayan anda
Pemilihan
Program kasir,komputer,laci kasir,scanner barcode,camera CCTV,rak
toko,meja kasir,mesin kasir,lemari es dan ice cream,box
rokok,AC,security alarm,dll
*Ingat bahwa kualitas ditentukan harga*
4. Jeli dan teliti dalam mencari DISTRIBUTOR dengan harga murah
Hal ini agar minimarket/swalayan anda dapat bersaing dengan kompetitor lain nya
Namun
jika harga anda masih kalah bersaing dalam masalah harga lebih baik
anda berkonsentrasi pada produk tertentu yang murah sehingga dapat
bersaing untuk menjadi item produk andalan anda
Ingat bahwa item tertentu bisa menjadi pembanding sebuah harga
misalnya susu.
dalam kasus ini anda harus dapat menjaga harga produk susu anda agar tidak terpaut jauh dengan kompetitor lainnya sehingga image supermarket/minimarket anda masih dapat diterima oleh konsumen
Ingat bahwa item tertentu bisa menjadi pembanding sebuah harga
misalnya susu.
dalam kasus ini anda harus dapat menjaga harga produk susu anda agar tidak terpaut jauh dengan kompetitor lainnya sehingga image supermarket/minimarket anda masih dapat diterima oleh konsumen
5. Perekrutan dan pelatihan/training tenaga kerja karyawan anda
usahakan memilih karyawan yang sesuai dengan konsep supermarket/minimarket mandiri anda
usahakan memilih karyawan yang sesuai dengan konsep supermarket/minimarket mandiri anda
6. Strategi Promosi,Bonus,Diskon dan event
-PEMANFAATAN LAHAN SUPERMARKET/MINIMARKET
Agar Supermaret/swalayan/minimarket anda terlihat ramai :
jika ada lahan gunakan lahan tersebut untuk anda sewakan
misal nya : minicafe,softdrink di depan halaman supermarket/swalayan/minimarket anda bisa anda skat dengan tenda-tenda agar kelihatan lebih menarik
kesan ramai diyakini pengunjung bahwa supermarket/minimarket anda adalah "MURAH"
-PROMO dan STRATEGI MARKETING UNTUK MENARIK PEGUNJUNG
Dalam hal ini anda dapat menarik pengunjung dengan berbagai macam promo
Misal anda dapat menjual beberapa produk anda dengan profit minimum
hal ini untuk menarik minat pengunjung untuk berbelanja di tempat anda
sekali lagi saya tekankan dalam hal ini beberapa produk misal susu berperan penting dalam mendongkrak penjualan supermarket/minimarket anda.
bukan kah pengunjung berbelanja di tempat anda dengan bermacam item produk?
nah tidak ada salah nya kita mengambil profit minimum suatu produk agar pengunjung tersebut datang dan membelinya,pastinya para pengunjung supermarket/minimarket anda akan membeli juga produk lain nya bukan??
ibarat nya salah satu produk tersebut adalah umpan kita untuk menarik pengunjung untuk membeli nya serta membeli produk lain supermarket/minimarket anda
-PEMANFAATAN LAHAN SUPERMARKET/MINIMARKET
Agar Supermaret/swalayan/minimarket anda terlihat ramai :
jika ada lahan gunakan lahan tersebut untuk anda sewakan
misal nya : minicafe,softdrink di depan halaman supermarket/swalayan/minimarket anda bisa anda skat dengan tenda-tenda agar kelihatan lebih menarik
kesan ramai diyakini pengunjung bahwa supermarket/minimarket anda adalah "MURAH"
-PROMO dan STRATEGI MARKETING UNTUK MENARIK PEGUNJUNG
Dalam hal ini anda dapat menarik pengunjung dengan berbagai macam promo
Misal anda dapat menjual beberapa produk anda dengan profit minimum
hal ini untuk menarik minat pengunjung untuk berbelanja di tempat anda
sekali lagi saya tekankan dalam hal ini beberapa produk misal susu berperan penting dalam mendongkrak penjualan supermarket/minimarket anda.
bukan kah pengunjung berbelanja di tempat anda dengan bermacam item produk?
nah tidak ada salah nya kita mengambil profit minimum suatu produk agar pengunjung tersebut datang dan membelinya,pastinya para pengunjung supermarket/minimarket anda akan membeli juga produk lain nya bukan??
ibarat nya salah satu produk tersebut adalah umpan kita untuk menarik pengunjung untuk membeli nya serta membeli produk lain supermarket/minimarket anda
Semoga Tips dan Trik diatas dapat membantu usaha minimarket dan swalayan anda
Jika anda ingin konsultasi desain untuk interior serta kelengkapan komputer kasir swalayan minimarket,anda bisa kirim kan mail layout panjang dan lebar denah anda kepada kami,serta system jam kerja pada minimarket/swalayan anda.
Kami akan bantu anda untuk interior serta peralatan akan kebutuhan kasir anda
konsultan supermarket - konsultan minimarket - desain penataan rak supermarket,rak minimarket,rak toko - pemilihan system mesin kasir untuk usaha anda